4 Aspek yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini   

4 Aspek yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini  

December 12, 2021 0 By admin

Ada berbagai aspek perkembangan anak usia dini yang akan sangat berpengaruh pada masa depan anak. Aspek-aspek tersebut perlu menjadi perhatian orangtua agar perkembangan anak tidak terhambat. Sebab aspek-aspek ini punya pengaruh besar pada tumbuh kembang anak, baik masa sekarang maupun masa depannya.

Para orangtua wajib mengetahui apa saja aspek tersebut dan menaruh perhatian ekstra apabila ingin anak tumbuh sesuai harapan, baik dari segi fisik maupun mentalnya. Pemberian nutrisi dan stimulasi akan menjadi dua hal penting untuk memastikan perkembangan aspek-aspek tersebut. Lalu apa saja aspek yang perlu diperhatikan? Simak penjelasan berikut.

Aspek yang Berpengaruh pada Perkembangan Anak

Setidaknya, ada 4 aspek penting yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu fisik, kognitif, emosi, dan sosial. Agar lebih jelas memahaminya, Anda dapat membaca uraian berikut ini:

1.     Aspek Fisik

Perkembangan fisik anak sangat mudah dilihat sehingga apabila kurang optimal dapat segera diatasi. Aspek fisik ini dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan kemampuan fisik, seperti anak mampu duduk, berdiri, berjalan, berlari, dan berbagai jenis aktivitas lain yang melibatkan gerakan fisik.

2.     Aspek Kognitif-bahasa

Aspek perkembangan anak usia dini berikutnya adalah kemampuan kognitif atau berbahasa atau berbicara saja, tapi kemampuan memahami, mengerti, dan menangkap sebuah kondisi maupun persoalan yang dia hadapi.

Hal ini sangat berhubungan dengan konsentrasi anak, bagaimana ia berbicara, juga menunjukkan emosinya. Kemampuan kognitif anak bisa berkembang seiring waktu, tapi dibutuhkan stimulan, bisa melalui permainan, interaksi dengan orangtua dan orang sekitarnya. Sehingga akan memberikan pengalaman bagi anak.

3.     Aspek Emosi

Aspek emosi juga dapat terlihat jelas dari kebiasaan anak sehari-hari, apakah anak pendiam atau justru sering meluapkan emosinya. Hal ini sangat bergantung dari bagaimana orangtua dalam mendidik anak mereka, terutama dalam memberikan contoh bagaimana berbicara dan menghadapi berbagai situasi.

Anak akan menjiplak apa yang dilakukan orangtua dan orang-orang sekitarnya. Jadi, ini harus diperhatikan dengan baik, bagaimana mengasuh dan memberikan contoh yang baik. Jangan sampai anak menjadi anti-sosial atau terlalu emosi sehingga menjadi pembangkang.

4.     Aspek Sosial

Terakhir adalah aspek sosial yang menjadi penyeimbang ketiga aspek sebelumnya. Ketika anak tidak mau bergaul dan lebih suka melakukan kegiatannya sendiri, ini artinya perkembangan anak tersebut kurang baik sehingga perlu penanganan segera. Namun, apabila anak aktif untuk bergaul dengan orang lain dan supel, artinya perkembangannya sudah sangat baik.

Keempat aspek ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak dan patut menjadi perhatian penuh para orangtua. Jangan hanya memperhatikan satu aspek perkembangan anak usia dini saja, tapi menyeimbangkan semua agar pertumbuhan anak menjadi optimal sehingga bisa menjalani masa dewasa yang baik.