Cara Memilih Penyedap Rasa yang Aman Dikonsumsi

Cara Memilih Penyedap Rasa yang Aman Dikonsumsi

December 17, 2021 0 By admin

Jika berbicara mengenai dunia kuliner, mungkin memang tidak bisa terlepas dari penyedap rasa makanan. Sesuai namanya, penyedap makanan berfungsi memperkuat rasa dari sebuah makanan agar lebih enak saat dikonsumsi. Namun, jangan sampai Anda salah membeli karena terdapat beberapa dampak negatif apabila salah memilih. Untuk lebih jelas, silakan simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Penyedap Rasa

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Tahukah Anda bahwa penyedap rasa ternyata bisa membantu memperlancar sistem pencernaan? Oleh karena itulah sebenarnya penggunaan penguat rasa masih diperbolehkan asal dalam takaran tepat. Penyedap bisa meningkatkan produksi cairan lambung. Jadi, apabila mengonsumsi dalam takaran sesuai aturan, ini bisa membantu mencegah terkena penyakit gastritis atrofi.

  1. Meningkatkan produksi air liur

Selanjutnya, bahan ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah produksi air liur. Seperti kita ketahui, air liur memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah membantu mulut dan lidah dalam memproses makanan sebelum masuk ke sistem pencernaan. Hal ini sangat berguna ketika mengonsumsi makanan kering atau cenderung lebih berat.

  1. Mengurangi kadar garam

Beberapa masalah kesehatan bisa diakibatkan karena terlalu banyak mengonsumsi garam. Salah satu yang kerap dialami banyak orang adalah penyakit darah tinggi. Gunakan penyedap sesuai takaran. Hal ini bisa sedikit membantu asupan garam pada tubuh namun tetap menjadikan cita rasa makanan tetap enak. Jangan terlalu berlebihan karena justru hal itu akan mengganggu kesehatan.

Cara Memilih Penguat Rasa

  1. Memeriksa bahan bakunya

Dalam penyedap kemasan, biasanya akan dijelaskan mengenai bahan baku yang digunakan. Silakan periksa bagian tersebut apakah menggunakan kaldu tumbuhan atau hewan. Apabila Anda vegetarian, sebaiknya pilih bahan baku tumbuhan seperti jamur. Melihat bahan baku juga bisa untuk menyesuaikan digunakan untuk memasak apa.

  1. Pilih non-MSG

Setidaknya ada dua macam penyedap, yakni menggunakan MSG dan non-MSG. Dalam beberapa kasus, ada seseorang yang memang alergi terhadap MSG. Oleh karena itu, bahan non-MSG bisa menjadi alternatif terbaik. Biasanya non-MSG menggunakan bahan alami. Akan tetapi, konsekuensinya adalah memiliki harga cenderung lebih mahal. Silakan pertimbangan hal tersebut dengan baik.

Anjuran dalam Mengonsumsi Penguat Rasa

Meskipun mempunyai efek membuat masakan lebih lezat, namun Anda juga perlu memperhatikan anjuran mengonsumsi. Jangan sampai karena terlalu berlebihan membuat kesehatan terganggu. Setidaknya, seseorang dianjurkan mengonsumsi hanya sekitar 0,5 hingga 1,7 gram saja per hari. Apabila terlalu banyak, efek samping bisa ditimbulkan seperti obesitas, sakit kepala, hipertensi, dan kerusakan ginjal.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penyedap makanan memang direkomendasikan untuk digunakan. Akan tetapi, porsi penggunaannya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai karena terlalu berlebihan malah akan mengganggu kesehatan. Apabila sedang mencari penyedap yang aman serta lezat, Anda bisa menggunakan Maggi Magic Lezat Ayam.