Wajib Tahu, Inilah 6 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajar Terjadi

Wajib Tahu, Inilah 6 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Wajar Terjadi

March 25, 2022 0 By admin

Pada periode trimester pertama atau kerap disebut hamil muda memang merupakan masa terpenting. Di fase ini mungkin ibu hamil akan merasakan berbagai hal kurang nyaman. Namun, itu adalah hal sangat wajar terjadi. Pada kali ini akan dibahas mengenai apa saja ciri-ciri hamil muda yang biasa terjadi. Dengan demikian, ibu tidak perlu khawatir karena ciri tersebut memang wajar dialami oleh setiap ibu hamil.

Ciri-Ciri Hamil Muda

  1. Sakit kepala

Ketika dalam masa kehamilan, pada tubuh akan terjadi perubahan hormon. Hal inilah kemudian akan menyebabkan kepala terasa pusing. Selain itu, faktor rendahnya gula darah juga cukup berpengaruh menyebabkan masalah tersebut. Biasanya sakit kepala terjadi karena hormon progesteron dan estrogen sedang mempersiapkan rahim. Untuk meredakannya bisa mengonsumsi paracetamol dengan catatan harus berkonsultasi dokter terlebih dahulu.

  1. Payudara lembut

Ciri berikutnya adalah adanya perubahan pada fisiologi seperti payudara melembut. Hal ini seperti yang disebutkan oleh Planned Parenthood Federation of America. Selain itu, tidak jarang juga terjadi pembengkakan pada payudara karena adanya fluktuasi hormon pada tubuh. Kabar baiknya, apabila tubuh telah melakukan penyesuaian akan hormon ini, maka rasa tidak nyaman akan perlahan berkurang, biasanya dalam waktu beberapa minggu.

  1. Merasa mual

Sepertinya semua orang sudah mengetahui bahwa salah satu tanda seseorang hamil adalah sering merasakan mual, apalagi pada trimester pertama. Rasa mual bisa muncul kapan saja, namun biasanya lebih sering terjadi di pagi hari. Agar tidak terlalu terganggu masalah ini, ibu bisa menghirup aroma terapi ataupun minyak kayu putih guna membuat tubuh kembali rileks.

  1. Keluar bercak darah

Bagi yang baru kali pertama mungkin akan cukup kaget ketika mendapati bercak darah pada celana dalam. Namun jangan khawatir karena hal tersebut adalah wajar. Bercak ini disebut juga dengan istilah pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi saat sel telur ditanamkan ke lapisan rahim. Biasanya fase ini berlangsung sekitar 2 minggu setelah pembuahan.

  1. Mood swing

Mood swing atau perubahan suasana hati secara tiba-tiba merupakan ciri hamil muda yang cukup sering terjadi. Perubahan mood tersebut biasanya diakibatkan karena terjadi perubahan hormon pada tubuh. Di saat ini, ibu hamil harus mendapatkan perhatian khusus seperti menjaga suasana hati serta menghindarkan dari pikiran-pikiran negatif.

  1. Kelelahan

Ciri yang terakhir adalah mudah mengalami kelelahan. Inilah sebabnya ibu hamil tidak boleh terlalu banyak beraktivitas dan disarankan memperbanyak istirahat. Apabila memang harus beraktivitas, lakukan kegiatan ringan seperti merapikan tempat tidur ataupun menyapu kamar.

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri hamil muda yang kerap terjadi. Meskipun wajar terjadi, apabila timbul rasa tidak nyaman berlebih sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kandungan. Biasanya dokter akan memberikan beberapa nasihat agar bisa menjalani proses kehamilan secara lancar.